Selamat Datang di website kami, Salam "makrifat business" untuk kita semua, semoga kita selalu dalam lindungan Allah swt Tuhan Yang Maha Esa, Tuhan sekalian alam jagad raya, semoga kita selalu dimudahkan rezeki serta kemudahan dalam segala hal di kehidupan ini hingga segala hal menjadi mudah atas kehendakNya. Amin. Kali ini kami sajikan produk terbaru dari IMDA Handicraft yang dipasarkan oleh team makrifat business online offline mempersembahkan sebuah produk .
Jenis Produk Kerajinan Handicraft Kalung Tasbih Kayu Nagasari Liontin Hati Ukir Lafal ALLAH Muhammad Ukuran 99 Biji Diameter 7 mm , Persembahan team MAKRIFAT BUSINESS Sentral Galeri Kerajinan Seni Acecories Souvenir Handicraft Manik Manik Asli Khas Sajian Produk Unggulan Desa TUTUL Balung Jember Jawa Timur, ini kami jual dengan harga :
Rp. 100,000,- / satuan
Rp. 75,000,- / satuan minimal 10 pcs
Rp. 50,000,- / satuan minimal 20 pcs
Rp. 75,000,- / satuan minimal 10 pcs
Rp. 50,000,- / satuan minimal 20 pcs
(harga belum termasuk ongkos kirim)
KODE PRODUK : KTKNLU97
Berikut ini adalah foto produk yang kami tawarkan dan untuk melihat foto satu persatu silahkan pelajari gambar di bawah ini dengan menggeser pada scroll yang tersendia.
Untuk melihat program, promo, potongan harga bagi reseller serta tata cara pemesanan hingga indentitas, nomor telephone serta nomor rekening resmi dari management Makrifat Business anda dapat mempelajari dibawah ini.
Untuk melihat dan mempelajari terkait dengan artikel produkanda dapat menyimak tulisan di bawah ini.
Untuk mengetahai dan mengukur dari derajat tuah kayu tergantung dari tempat tumbuh, lingkungan dan tata cara pengambilannya yang tidak jarang memerlukan ritual doa khusus kepada Allah swt. Selain itu gambar yang ada pada kayu karena proses alam atau pembusukan atau penyakit pohon kadangkala diyakini memiliki pengaruh gaib juga, contohnya Pelet Kendhit pada warangka keris dari kayu Timaha dipercaya memiliki daya mengikat tamu hingga mereka tidak meninggalkan tempat hajatan sebelum acara selesai.
Pengetahuan tentang kayu bertuah ini sudah dikenal sejak zaman dahulu oleh nenek moyang kita mulaia jaman nabi adam hingga Muhammad saw dan sampai kini tetap dimanfaatkan sebagai salah satu sarana dan prasarana untuk mencapai suatu cita-cita dalam kehidupan di dunia dan akhirat kelak.
Pemanfaatan
Di India dan Bali, nagasari merupakan tanaman yang disucikan. Di Bali, buah nagasari digunakan sebagai pelengkap upacara Ngaben. Karena bentuknya yang menarik, maka Nagasari biasanya digunakan untuk tanaman hias di tepi jalan dan taman. Kayunya bisa digunakan untuk bahan konstruksi berat (tiang, sambungan), bahan lantai, bantalan kereta api, furnitur, gagang senjata, tongkat, instrumen musik, dan kayu bakar. Bunga dapat digunakan sebagai pewarna, campuran bahan kosmetika, bahan obat karena bersifat antibakteri, dan di Jawa digunakan sebagai jamu pasca melahirkan. Minyak biji nagasari dapat digunakan sebagai obat gosok untuk penyakit rematik, obat borok, obat gatal atau bercak-bercak pada kulit dan untuk menghilangkan ketombe. Biji nagasari mengandung 12,8% protein, sehingga dapat digunakan untuk menggantikan hingga 10% kebutuhan jagung dalam industri pakan ternak.
Deskripsi Botani
Nagasari merupakan tanaman yang selalu hijau, berupa pohon berukuran sedang, tinggi dapat mencapai 36 m, batang lurus, diameter dapat mencapai 95 cm, sering bercabang di bagian bawah. Permukaan batang beralur panjang, terdapat sisik dan retakan yang tidak beraturan berwarna coklat pudar hingga abu-abu dengan sedikit warna ungu, terdapat eksudat berwarna putih hingga kuning pucat dan menjadi lebih gelap jika terpapar lama. Percabangan monopodial kemudian menjadi simpodial, cabang mendatar atau merunduk, arah daun mendatar atau bergantung, daun muda terlihat seperti merah bersinar. Daun bersilangan, tunggal, tepi daun rata, berbentuk lonjong, berukuran 4,5-12,5 x 1-4 cm, pangkal daun runcing, berwarna hijau kebiru-biruan dengan bagian bawah putih, urat daun tidak jelas, panjang tangkai daun 4-8 mm. Bunga tunggal atau sepasang, diameter hingga 9 cm, terdapat di ujung ranting atau di ketiak daun, daun mahkota berjumlah 4, berwarna putih atau merah muda, daun kelopak berjumlah 4, berwarna hijau, menempel kuat, beberapa membesar dan menebal pada buah, benang sari banyak, bakal buah menumpang pada dasar bunga, terdapat 1-2 rongga, setiap rongga terdiri dari 1-2 bakal biji.
Kayu gubal berwarna coklat kemerah-merahan dengan sedikit warna ungu pada saat baru ditebang dan menjadi lebih gelap setelah terpapar udara. Kayu teras berwarna coklat pucat atau kuning pucat dengan sedikit warna ungu dan menjadi abu-abu atau abu-abu kecoklatan setelah terpapar udara. Kayu nagasari berat dan keras dengan berat jenis 940-1.195 kg/m3 pada kadar air 15%, kelas awet sedang, tidak tahan terhadap serangan rayap karena kandungan selulosa kayu yang tinggi namun sulit diberi perlakuan pengawetan.
1. Bentuk pohon; 2. Buah dan daun; dan 3. Bunga (Sumber: Plant Resources of South-East Asia 5:2, 1998)
Diskripsi buah dan benih
Buah: Diklasifikasikan sebagai tipe kapsul, berbentuk lonjong dengan bagian ujung meruncing, kulit buah berkayu tipis, biasanya membelah menjadi 2(-4) sebelum biji jatuh, dalam satu buah terdiri 1-4 benih. Buah masak berwarna coklat dan akan pecah menjadi dua bagian, kulit buahnya agak melengkung, sehingga benihnya akan tampak jelas. Ukuran buah rata-rata panjang 3 cm dan diameter 2 cm.
Benih: Benih masak berwarna coklat, berbentuk bulat telur dengan ujung meruncing kadangkala tidak beraturan, berukuran rata-rata panjang 2,1 cm, diameter 1,1 cm. Dalam 1 kg benih terdapat ± 1.400 butir. Termasuk benih rekalsitran dengan kadar air pada saat masak ± 55%.
Pembungaan dan pembuahan
Nagasari mulai berbunga bila pohon telah cukup tua. Bunga berkelamin ganda. Pembungaan berlangsung setiap tahun atau kadangkala hingga dua kali setahun, berlangsung pada musim kemarau yang diakhiri dengan pembentukan daun baru pada awal musim hujan. Bunga terbuka selama satu hari, mulai jam 3 atau 4 pagi hingga matahari terbenam. Sejenis kutu (Thrips sp dan T. hawaiiensis) merupakan polinator. Periode pembungaan berlangsung dua kali setahun pada bulan Pebruari dan Agustus, sedangkan periode pembuahan berlangsung pada bulan Juli dan Desember. Di Bali, pembungaan berlangsung pada bulan September – Nopember. Periode pembuahan berlangsung pada bulan Nopember – Januari.
Panen buah
Dilakukan dengan cara dipetik langsung dari pohon sebelum merekah atau dapat mengumpulkan benih di bawah tegakan segera setelah buah terbuka.
Penanganan dan pemrosesan buah dan benih
Buah masak segera dikeringanginkan pada suhu kamar selama 2 - 3 hari sampai merekah. Untuk penyimpanan benih sementara dapat menggunakan kantung terigu atau kantong yang berpori.
Penyimpanan dan viabilitas
Benih bersifat rekalsitran, sehingga disarankan penaburan sesegera mungkin. Benih yang segera dikecambahkan, viabilitasnya bisa mencapai 75-90% dalam waktu 11-24 hari. Viabilitas benih turun secara cepat dalam jangka waktu penyimpanan 2-3 bulan. Penyimpanan benih dapat dilakukan dengan menggunakan kantong polietilen berpori yang disimpan pada suhu 5C, dapat bertahan selama 4 bulan dengan daya berkecambah 27%.
Penaburan dan perkecambahan
Benih dikecambahkan dalam bak tabur atau bedeng tabur dengan kedalaman 1-1,5 cm, jarak antar benih 5 x 5 cm dengan posisi benih horisontal atau hilum berada di samping. Tipe perkecambahan benih adalah hipogeal dimana kotiledon tetap berada di bawah permukaan media bersama dengan kulit biji. Pada awal perkecambahan akan tumbuh akar yang panjang. Pada kondisi ini, kecambah tidak boleh dipindahkan atau disapih. Setelah muncul sepasang daun, kecambah kemudian disapih. Di persemaian, bibit nagasari dapat bertahan di bawah naungan tapi rentan terhadap tekanan gulma. Untuk itu perlu dilakukan penyiangan.
Sebaiknya bibit ditanam di lapangan setelah tinggi mencapai 40-75 cm dan batangnya berkayu. Bibit nagasari toleran bila ditanam di bawah tegakan. Penanaman di daerah yang lebih terbuka dapat meningkatkan kekuatan bibit, namun perlu dipertimbangkan ketersediaan air, karena akar tanaman nagasari muda masih lemah.
Daftar pustaka
Lemmens RHMJ, I Soerianegara, dan Wong WC, eds. 1995. Plant resources of South-East Asia No. 5 (2). Timber trees: minor commercial timbers. 339 pp.; Prosea Foundation Bogor,
http://www.worldagroforestry.org/sea/products/ADbases/AFF/asp/... [18/12/2007]
Yuniarti N, Buharman, R Kurniati dan Yulianti. 2001. Nagasari (Mesua ferrea L.). Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia Jilid II. Publikasi Khusus Vol 2 No. 6. Balai Teknologi Perbenihan. Bogor.
Soejono. 1978. Buletin Kebun Raya Botanical Gardens of Indonesia. Vol. 3 No. 5. Bogor.
Gambar Pohon, Buah, dan Benih Nagasari (Foto: Iwan Nurwanto dan Diyah Purwaning)
DISIAPKAN OLEH BALAI PERBENIHAN TANA-MAN HUTAN BALI DAN NUSA TENGGARA
Penulis: Diyah Purwaning P., Iwan Nurwanto dan Nurin Widyani
IMDA Handicraft dan team MAKRIFAT BUSINESS mengucapkan banyak terima kasih kepada kepala desa TUTUL ibu H. Juana, masyarakt desa TUTUL, Bapak camat, Deperindag, Bupati, Gubenur Jawa Timur serta menakertrans bapak Muhaimin Iskandar. Dimana semuanya ini yang telah mendukung eksistensi usaha kami. Serta semua pihak yang telah mengunjungi dan silaturrahmi ke website maupun rumah produksi kami.
Setelah mengingat dan menimbang dari segala sesuatunya, serta rasa kepedulian kami secara Pribadi kepada bangsa, Negara dan agama untuk turut berpartisipasi aktif dalam proses pembentukan masyarakat Indonesia yang kreatif, inovatif serta memiliki ketrampilan diri yang bernilai jual tinggi. Hingga terbentuknya budaya masyarakat kreatif baik yang berada di desa maupun perkotaan. Dimana yang pada akhirnya setiap keluarga individu mampu menciptakan lapangan kerja minimal bagi dirinya sendiri dan keluarganya dengan membentuk rumah galeri, rumah distro, rumah kreatif, rumah seni dll macam modelnya.
Mengingat banyaknya permintaan kerjasama dalam pengembangan ekonomi kreatif, masyarakat kreatif, pembentukan rumah galeri serta training pembuatan berbagai kerajinan handicraft serta tehnik pemasaran baik skala lokal maupun international. Maka bersama ini kami membuka peluang untuk pelatihan pembuatan tasbih, kalung, gelang, cincin, seni ukir, tehnik dan pemasaran online - offline sebagai berikut :
A. PAKET BASIC DAN PENGETAHUAN HANDICRAFT
Dalam paket basic dan pengetahuan handicraft, kami akan memberikan semua dasar dasar tehnik dan metode pembuatan segala handicraft khas desa TUTUL yang meliputi paket paket sebagai berikut :
1 Proses pembuatan “BUTIRAN TASBIH DAN GELANG ” dan pengenalan pembuatan peralatan tasbih secara tradisional dan manual selama 3 bulan Rp. 2,000,000,-
2 Proses pembuatan “KALUNG TULANG DAN DESAIN” dan pengenalan pembuatan peralatan tasbih secara tradisional dan manual selama manual selama 3 bulan atau sampai bisa Rp. 2,000,000,-
3 Proses pembuatan “CINCIN KAYU DAN GELANG” dan pengenalan pembuatan peralatan tasbih secara tradisional dan manual selama manual selama 3 bulan Rp. 2,000,000,-
4 Proses pembuatan “SENI UKIR TONGKAT” dan pengenalan pembuatan peralatan tasbih secara tradisional dan manual selama manual selama 3 bulan Rp. 2,000,000,-
B. PAKET MAHIR DAN PENGETAHUAN HANDICRAFT
Dalam paket mahir dan pengetahuan handicraft, kami akan memberikan seluruh system, metode, tehnik pewarnaan, naturalisasi power full hingga finishing layak jual secara online dan offline serta semua peralatan dan cara pembuatannya dengan paket sebagai berikut :
1 Proses pembuatan “BUTIRAN TASBIH DAN GELANG ” Selama 6 bulan atau sampai mahir Rp. 5,000,000,-
2 Proses pembuatan “KALUNG TULANG DAN DESAIN” dan Selama 6 bulan atau sampai mahir Rp. 5,000,000,-
3 Proses pembuatan “CINCIN KAYU DAN GELANG” Selama 6 bulan atau sampai mahir Rp. 5,000,000,-
4 Proses pembuatan “SENI UKIR TONGKAT” Selama 6 bulan atau sampai mahir Rp. 5,000,000,-
C. PAKET PEMASARAN ONLINE – OFFLINE ala MAKRIFAT BUSINESS
Dalam paket tehnik pemasaran secara online – offline ini semua peserta didik nantinya akan memiliki conseptual skill pengetahuan dan ketrampilan tehnik pemasaran segala produk baik secara online maupun offline dengan tehnik metode pembelajaran ‘learning by doing’ yaitu praktek langsung pembuatan website, blog, dan tehnik pemasaran secara prkatice. Dalam paket ini kami menawarkan beberapa kategori sebagai berikut :
1 Paket pembuatan toko online dan include reseller ala makrifat business selama 2 bulan Rp. 2,000,000,-
2 Paket pembuatan dan pemilikan toko online dan gallery offline ala Makrifat business include reseller selama 3 bulan Rp. 3,500,000,-
3 Paket Mahir tehnik marketing online, pembuatan pemilikan toko online, gallery offline ala Makrifat business include reseller selama 6 bulan atau sampai bisa Rp. 5,500,000,-
D. PAKET KARYAWAN DAN TENAGA KERJA
Dalam paket karyawan dan tenaga kerja, kami membuka peluang bagi pria ,wanita, tua dan muda dengan menawarkan beberapa kategori sebagai berikut :
1 Membuka lowongan kerja berlaku untuk seluruh Indonesia yang memiliki ketrampilan dalam bidang membuat berbagai kerajinan tangan seperti tasbih, kalung, cincin, seni ukir, seni pahat, batik, sablon, sabuk, tas, tukang gergaji, dll
2 Mendapatkan gaji, asuransi Jamsostek, rumah kost dan alat masak.
E. PAKET PELATIHAN BAGI ANAK YATIM PIATU DAN TIDAK MAMPU
Dalam paket pelatihan ini kami khususkan kepada anak anak yatim piatu dan orang tidak mampu , kami membuka peluang bagi pria ,wanita, tua dan muda dengan menawarkan beberapa kategori sebagai berikut :
1 Membuka lowongan kerja berlaku untuk seluruh Indonesia bagi anak yatim piatu dan orang tidak mampu untuk didik menjadi tenaga kerja dalam bidang pembuatan handicraft.
2 Semua peserta harus membawa surat bukti keterangan anak yatim piatu atau orang tidak mampu dari desa masing masing dan sekaligus surat penjamin dari kepala desa / kelurahan.
3 Bagi anak yatim piatu yang masih usia sekolah SMP atau SMA kami akan membiaya seluruh biaya pendidikan ( seragam, SPP, makan dan tempat tinggal walau sangat sederhana) dalam hal ini kami akan bekerja sama dengan dinas pendidikan terkait.
4 Mendapatkan gaji, asuransi Jamsostek, rumah kost dan alat masak.
Semua peserta didik dalam mengikuti program pelatihan “learning by doing ala makfifat business “ beberapa ketentuan sebagai berikut :
1 Peserta pria dan wanita tanpa mengenal batas usia, pendidikan, suku, agama, budaya dll
2 Bagi peserta luar kota diharapkan cost di rumah rumah penduduk sekitar desa Tutul atau bertempat di rumah teman, saudara dll, mohon maaf karena kami masih belum memiliki asrama.
3 Bagi peserta didik luar kota diharapkan membawa perlengkapan akomadasi sendiri sendiri dan keperluan hidup selama pelatihan sesuai kebutuhannya masing masing.
4 Diharapkan bagi semua peserta pemasaran online offline,bahwa sanya rumah kami sudah di lengkapi dengan WIFI dan lebih diharapkan masing masing peserta membawa laptop/notebook sendiri sendiri.
5 Untuk tutor atau pembimbing akan kami tangani secara langsung dan di tunjang kerjasama dengan lembaga terkait.
Eksistensi IMDA Handicraft dan Makrifat Business online offline, dalam hal ini berupaya untuk menuju program jangka panjang kami yaitu demi terbentuknya hal hal sebagai berikut :
1 Terbentuknya individu kreatif mandiri serta memiliki nilai jual
2 Terbentuknya masyarakat kreatif dan inovatif yang tidak terngantung pada pemerintahnya
3 Terbentuknya desa TUTUL menjadi desa Produktif yang GO International
4 Terbentuknya rumah galeri, rumah distro, rumah seni, rumah kreatif, rumah handicraft dll secara Nasional.
5 Terbentuknya masyarakat yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya dan keluarganya serta orang lain.
Untuk semua peserta didik setelah mengikuti paket pelatihan ini, nantinya setelah pulang di desa asal masing masing diharapkan mampu melakukan hal hal sebagai berikut :
1 Menciptakan lapangan usaha bagi dirinya sendiri, keluarga dan masyarakat sekitarnya.
2 Bagi pemula atau yang sudah mahir nantinya dapat menjadi down line, reseller, suplayer, mitrak kerja dari IMDA Handicraft Makrifat Business
3 Bagi semua alumni pelatihan nantinya juga bisa menjadi cabang di kota masing masing dari IMDA Handicraft dan makrifat Business, dan akan kami berikan surat ijin cabang di kota asal masing masing.
Kami dari team IMDA Handicraft dan makrifat business online offline juga menerima dukungan, saran, kritik, joint, afiliasi, investasi, serta binaan baik dari instansi pemerintah maupun swasta yang memiliki rasa peduli social tinggi untuk mengembangkan demi terciptanya masyarakat Indonesia yang kreatif dan tidak selalu mengantungkan hidupnya pada pemerintah.
JENIS PRODUK INI MELAYANI HARGA AGEN, GROSIR, ECERAN DAN UNTUK HARGA PRESELLER TETAP DAN TERDAFTAR SEBAGAI TEAM MARKETTING AKAN MENDAPATKAN PROFIT MARGIN 30% (syarat dan ketentuan berlaku) .
KAMI ADALAH EXCELLENCE SERVICE BERJALAN YANG SELALU SIAP MELAYANI ANDA, BERAPAPUN ORDERAN ADALAH SEBUAH KEHORMAT DAN PENGHARGAAN TERSENDIRI BAGI KAMI.
MAKRIFAT BUSINESS dengan didukung rumah produksi IMDA Handicraft melayani kerjasama dalam bentuk tender, kontrak, makloon, jasa pembuatan, service perbaikan untuk pembuatan Tasbih, Kalung, Cincin, Keris, Tongkat, Acecories, Pipa Rokok, Sabuk, Peralatan Dapur, Seni Ukir, Antik unik, Kerajinan Kayu Jember, Kerajinan Kaokah, Kerajinan Kayu Agarwood Cendana, Kerajinan Kayu Sandalwood Cendana, Kerajinan Tulang dan berbagai macam segala kerajinan tangan yang terbuat dari kayu tulang, resin, perak, alpaka, batu dll
"CARA PEMESANAN"
Ketik SMS kirim ke salah satu nomor : 08123489038, 087850191948,
08887172648, 083853273837 , 089677851072 dengan cara :
KODE PRODUK+HARGA: NAMA: ALAMAT: NOMOR TELEPHONE
CONTOH :
TKNP3315+Rp. 400,000,-: ALI MANSYUR: Jl. Jendral Sudirman Gg. IV No. 232 Jakarta Pusat: 08123456789
Setelah SMS anda masuk, anda akan menerima balasan tentang ketersediaan stock, jika stock ada maka anda akan mendapat instruksi untuk transfer, setelah transfer mohon SMS balik bukti transfer atau hanya pemberitahuan saja. Maka pesanan anda akan segera kami proses.
KEDAI ART SHOP SENTRAL GALERI MINI HANDICRAFT KHAS DESA TUTUL
"MAKRIFAT BUSINES"
SAAT INI MASIH DI BUKA DI RUMAH TEMPAT TINGGAL KAMI DESA TUTUL BALUNG JEMBER JAWA TIMUR, TERIMA KASIH DARI PELANGGAN YANG SUDAH PERNAH SILATURRAHMI KE TEMPAT TINGGAL KAMI SEPERTI PELANGGAN DARI KOREO, THAILAND, KOTA JAKARTA, BANDUNG, BALI, SURABAYA Dll
Alamat Galeri :
Please CALL Me :
PIN BB : 74754C9F
LINE : 081338634218
Alamat Korespondensi : PERUM Griya Mangli Blok DH No. JEMBER
phone 0331 - 427571
GARANSI KEASLIAN DARI MANAGEMENT MAKRIFAT BUSINESS DAN IMDA HANDICRAFT TENTANG BAHAN BAKU PRODUK INI BENAR BENAR TERBUAT DARI KAYU BATANG NAGASARI INI ADALAH BERLAKU
JIKA TERNYATA BARANG TIDAK ASLI MAKA SELAMANYA BISA DI RETUR DAN UANG KEMBALI 100%
sumber artikel foto dan galery :
Untuk melihat dan mempelajari terkait dengan artikel produkanda dapat menyimak tulisan di bawah ini.
By : M Imron Pribadi
Selamat Datang di website kami, Salam "makrifat business" untuk kita semua, semoga kita selalu dalam lindungan Allah swt Tuhan Yang Maha Esa, Tuhan sekalian alam jagad raya, semoga kita selalu dimudahkan rezeki serta kemudahan dalam hidup ini, dalam segala hal dan sehingga segala hal menjadi mudah atas kehendakNya. Amin. Kali ini kami sajikan ulasan tentang berbagai jenis kayu bertuah, ciri, khasiat dan hal hal terkait dengannya . Sebenarnya terdapat cukup banyak jenis kayu yang memiliki energi kuat. Keistimewaan kayu-kayu yang ada di sekitar kita, oleh masyarakat awalnya dilihat dari sisi alamiah sebagai karunia Tuhan Yang Maha Kuasa. Maha Besar Allah yang telah mengatur alam semesta ini dengan amat sempurna.
Pohon adalah salah satu jenis mahluk Allah swt yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Karena pohon adalah bagian dari sumber kehidupan di bumi yang mejaga alam dari gaya grafitasi bumi serta keseimbangan ekosistem. Sehingga tanpa kita ketahui lebih banyak sesungguhnya Allah menciptakan seluruh mahluknya termasuk pohon adalah bagian dari wajahNya yang harus kita makrifati dengan tetap konsisten pada pengesaan Allah mentauhidkan Allah hingga ikhlas karena Allah.
Khususnya masyarakat Jawa, ada yang mempunyai keyakinan bahwa untuk beberapa jenis kayu tertentu, ada yang memiliki daya gaib dan khasiat tertentu. Asal kayu tersebut bisa saja karena berasal dari pohon atau kayu bekas tempat keramat atau yang dikeramatkan seperti makam leluhur, para Wali atau karena langka, susah mendapatkannya atau bisa juga karena memiliki sifat khusus yang tidak dimiliki kayu lain. Disinilah makna bertuah akan nampak jelas karena dengan sesungguhNya Allah swt telah memberikan kelebihan pada jenis kayu tersebut.
Untuk mengetahai dan mengukur dari derajat tuah kayu tergantung dari tempat tumbuh, lingkungan dan tata cara pengambilannya yang tidak jarang memerlukan ritual doa khusus kepada Allah swt. Selain itu gambar yang ada pada kayu karena proses alam atau pembusukan atau penyakit pohon kadangkala diyakini memiliki pengaruh gaib juga, contohnya Pelet Kendhit pada warangka keris dari kayu Timaha dipercaya memiliki daya mengikat tamu hingga mereka tidak meninggalkan tempat hajatan sebelum acara selesai.
Disamping itu ada tiga raja kayu bertuah (Setiga, Dewa Dharu dan Kalimasada), jika dikombinasikan menjadi satu, baik berupa tasbih, cincin, kalung, gelang, dan berbagai ragam acecories dan atribut lainnya, dapat menimbulkan energi postif yang sangat baik. Walau bukti penelitian ilmiah tentang hal ini masih belum ada, namun masyarakat banyak yang meyakininya, sehingga hal ini bisa menimbulkan sugsti yang luar biasa bagi yang memakainya. Jika di makrifati oleh team makrifat business, sebenarnya hal ini terjadi karena kita sudah terlanjur mempercainya atas iman kita kepada A,llah swt yang di wasilahkan terhadap ketiga jenis kayu tersebut.
Keistimewaan kayu-kayu yang ada di sekitar kita, oleh masyarakat awalnya dilihat dari sisi alamiah sebagai karunia Tuhan Yang Maha Kuasa. Misalnya, awal tahun 40-an masyarakat di Pati Jepara saat masuk hutan, mereka membawa kayu Minging sebagai tongkat. Keistimewaan ini jika bagian ujungnya diarahkan ke ular, menyebabkan ular menjadi kaku dan tidak mampu bergerak.
Seiring dengan perkembangan zaman dimana populasi ular mulai berkurang, makin berkurang pula keberadaan kayu Minging. Maha Besar Allah yang telah mengatur alam semesta ini dengan amat sempurna.Tetapi manusia dengan segala akal budinya memiliki solusi terbaik. Kelangkaan sebagian jenis kayu bertuah memberikan inspirasi baru. Peran tongkat dapat diganti mata cincin atau leontin dan efek perlindungan yang ditimbulkannya pun sama karena energi yang memancar dari kayu tidak ditentukan dari ukuran besar kecilnya.
Fenomena keberadaan tentang mistis kayu minging ini juga tidak terbukti secara ilmiah, tetapi nampak sekali terbukti bagi masyarakat tradisional yang mengalaminya. jadi jelas sekali pembuktian secara ilmiah memang sangat penting tetapi bukan segalanya sebagai pembuktian kebenaran yang sebenarnya, karena kebenaran dan kebesaran yang sebenarnya hanyalah milik Allah swt.
Keistimewaan kayu-kayu yang ada di sekitar kita, oleh masyarakat awalnya dilihat dari sisi alamiah sebagai karunia Tuhan Yang Maha Kuasa. Misalnya, awal tahun 40-an masyarakat di Pati Jepara saat masuk hutan, mereka membawa kayu Minging sebagai tongkat. Keistimewaan ini jika bagian ujungnya diarahkan ke ular, menyebabkan ular menjadi kaku dan tidak mampu bergerak.
Seiring dengan perkembangan zaman dimana populasi ular mulai berkurang, makin berkurang pula keberadaan kayu Minging. Maha Besar Allah yang telah mengatur alam semesta ini dengan amat sempurna.Tetapi manusia dengan segala akal budinya memiliki solusi terbaik. Kelangkaan sebagian jenis kayu bertuah memberikan inspirasi baru. Peran tongkat dapat diganti mata cincin atau leontin dan efek perlindungan yang ditimbulkannya pun sama karena energi yang memancar dari kayu tidak ditentukan dari ukuran besar kecilnya.
Fenomena keberadaan tentang mistis kayu minging ini juga tidak terbukti secara ilmiah, tetapi nampak sekali terbukti bagi masyarakat tradisional yang mengalaminya. jadi jelas sekali pembuktian secara ilmiah memang sangat penting tetapi bukan segalanya sebagai pembuktian kebenaran yang sebenarnya, karena kebenaran dan kebesaran yang sebenarnya hanyalah milik Allah swt.
Dengan demikian banyak sekali jenis pohon pohon yang diberkahi oleh Allah swt karena menyimpan sirr as sirrNya atas asmaNay af'alNya serta nurNya. Jadi dari sini dapatlah kita petik lagi satu pengetahuan tentang makrifat diri pada pohon pohon bertuah atau pohon pohon yang membawa berkah karena pohon itu telah mendapat nurNya. Sehingga nampak jelas pada khasiat dan kegunaan dari pohon itu. dari sini dapat kita simpulkan dengan sesungguhnya bukan pohonnnya sebenarnya yang sakti yang ampuh tetapi Allah lah yang memberi manfaat serta khasiatnya.
Sebagai bahan resensi dan referensi tulisan ini yang kami baca dari berbagai tulisaan di website, buku buku yang kami miliki, majalah serta referensi personal dari para ahli kayu bertuah. Maka dapat sedikit kami simpulkan disini yang dimaksud dengan kayu bertuah adalah kayu yang secara kodrati atas kehendakNya serta atas upaya kita memakrifatinya yang mengandung daya kekuatan alamiah energi Prana atau energi bion dalam potensi supranatural yang berpengaruh kepada kehidupan manusia dan lingkungannya serta bukan suatu rekayasa manusia atau sulap bim sala bim belaka.
Dimana sumber intisari dari kekuatan magis kayu bertuah tersebut pada intinya bersumber pada Allah Yang Maha Kuasa yang menurunkan anugrahnya melalui hasil ciptaanNya berupa pohon pohon surge yang dihidupkan di bumi ini. Hal ini supaya manusia sebagai mahluk yang berakal dengan kekuatan logikanya dapat mengakui atas kebesaran, kekuasaan, kemahaanNya dan segalanya atas segala sesuatu yang meliputi di laur dan didalam.
Pengetahuan tentang kayu bertuah ini sudah dikenal sejak zaman dahulu oleh nenek moyang kita mulaia jaman nabi adam hingga Muhammad saw dan sampai kini tetap dimanfaatkan sebagai salah satu sarana dan prasarana untuk mencapai suatu cita-cita dalam kehidupan di dunia dan akhirat kelak.
Berikut ini marilah kita simak jenis jenis pohon surga yang bertuah dengan berbagai khasiatnya, tentu khasiat yang dimaksud dalam tulisan ini setelah kayu tersebut di makrifati atau karena secarfa khusus kayu tersebut telah memiliki kelebihan yang dagtang langsung benar benar karena Allah atau hasil akibat dari prosesi baiat atas nama Allah yang ditaruh pada kayu tersebut. Berikut ini adalah daftar dari jenis kayu-kayu yang memiliki energi alamiah. Dan di Indonesia keberadaannya sudah mulai langka dan hanya dikenal oleh orang yang secara khusus membidangi bidang kayu bertuah energi megis. Untuk mengetahui masing masing penjelasan tentang kayu bertuah berikut ini, anda tinggal klik link yang kami cantumkan pada masing masing jenis kayu dibawah ini :
- Kayu Aji Winong
- Kayu Akar Bahar Hitam
- Kayu Akar Bahar Emas
- Kayu Akar Batu
- Kayu Cendana
- Kayu Boga
- Kayu Dewadaru
- Kayu Gaharu
- L Kayu Gaharu Gyrinops spp
- Kayu Gaharu Aetoxylon spp
- Kayu Gaharu Aquilaria spp
- Kayu Gaharu Wiekstroemia spp
- Kayu Gaharu
- Kayu Gaharu
- Kayu Gaharu
- Kayu Gaharu Aquilaria Crassna Pierre spp
- Kayu Galih Asem/Galih Ire
- Kayu Ganitri / Rudraksha
- Kayu Galih Kelor
- Kayu Jati Luwihatau jati Kluwih
- Kayu Johar
- Kayu Kebak
- Kayu Kengkeng
- Kayu Kebak
- Kayu Kaokah/ kokka/ kuka/ kuk
- Kayu Kalimasada
- Kayu Klampis Hitam /Semar Hitam
- Kayu Kemuning
- Kayu Lotrok/Lontrok
- Kayu Lingsar / Lingga manic
- Kayu Liwung
- . Kayu Mingging
- Kayu Mentigi/Setigi/Drini
- Kayu Nagasari /Sari /Gandek /Cikli /Mandiri
- Kayu Ndoro Putih
- Kayu Pong / Rampung
- Kayu Rao
- KayuSulastri
- Kayu Setigi Kuning /Setigi jawa/Kastigi / Suntigi / Setigi laut /Setigi darat
- Kayu Stigi Pulau Nusa Barong
- Kayu Sisir
- Kayu Rukem
- Kayu Sangga waja
- Kayu Sempu
- Kayu Sepang /Secang /Santan /Brahmana / Hamangkubuwono
- Kayu Songgo Langit
- Kayu Tayuman / Jengger
- Kayu Tawa/Mentawa
- Kayu Tali Arus
- Kayu Tasak/Tengksek/Tesek/Soleman
- Kayu Tlogosari
- Kayu Unglen/Wunglen/Mulen
- Kayu Ulas /Kayu Gading
- Kayu Wegig
- Kayu Wahyu
- Kayu Wide
- Kayu Walikukun
Penyebaran dan habitat
Jenis ini terdapat di Kamboja, India, Malaysia, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Myanmar dan Vietnam. Habitat alaminya adalah hutan dataran rendah, tapi banyak ditemukan di hutan pegunungan yang selalu hijau. Di Kalimantan, jenis ini berasosiasi dengan Dipterocarpaceae. Nagasari yang tumbuh di Pulau Jawa, Bali dan Lombok kemungkinan berasal dari India akibat pengaruh agama Hindu dan banyak tumbuh di sekitar rumah, pura atau makam-makam yang disucikan. Dapat tumbuh pada ketinggian hingga 2.300 meter dpl. pada daerah-daerah yang kurang hujan sekalipun, memerlukan tanah yang subur dan berdrainase baik. Tidak tumbuh baik pada tanah yang mempunyai kandungan liat tinggi, namun dapat tumbuh pada kedalaman tanah yang dangkal.
Jenis ini terdapat di Kamboja, India, Malaysia, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Myanmar dan Vietnam. Habitat alaminya adalah hutan dataran rendah, tapi banyak ditemukan di hutan pegunungan yang selalu hijau. Di Kalimantan, jenis ini berasosiasi dengan Dipterocarpaceae. Nagasari yang tumbuh di Pulau Jawa, Bali dan Lombok kemungkinan berasal dari India akibat pengaruh agama Hindu dan banyak tumbuh di sekitar rumah, pura atau makam-makam yang disucikan. Dapat tumbuh pada ketinggian hingga 2.300 meter dpl. pada daerah-daerah yang kurang hujan sekalipun, memerlukan tanah yang subur dan berdrainase baik. Tidak tumbuh baik pada tanah yang mempunyai kandungan liat tinggi, namun dapat tumbuh pada kedalaman tanah yang dangkal.
Pemanfaatan
Di India dan Bali, nagasari merupakan tanaman yang disucikan. Di Bali, buah nagasari digunakan sebagai pelengkap upacara Ngaben. Karena bentuknya yang menarik, maka Nagasari biasanya digunakan untuk tanaman hias di tepi jalan dan taman. Kayunya bisa digunakan untuk bahan konstruksi berat (tiang, sambungan), bahan lantai, bantalan kereta api, furnitur, gagang senjata, tongkat, instrumen musik, dan kayu bakar. Bunga dapat digunakan sebagai pewarna, campuran bahan kosmetika, bahan obat karena bersifat antibakteri, dan di Jawa digunakan sebagai jamu pasca melahirkan. Minyak biji nagasari dapat digunakan sebagai obat gosok untuk penyakit rematik, obat borok, obat gatal atau bercak-bercak pada kulit dan untuk menghilangkan ketombe. Biji nagasari mengandung 12,8% protein, sehingga dapat digunakan untuk menggantikan hingga 10% kebutuhan jagung dalam industri pakan ternak.
GAMBAR pohon nogosari ini kami ambil dari website http://alamendah.wordpress.com
Nagasari merupakan tanaman yang selalu hijau, berupa pohon berukuran sedang, tinggi dapat mencapai 36 m, batang lurus, diameter dapat mencapai 95 cm, sering bercabang di bagian bawah. Permukaan batang beralur panjang, terdapat sisik dan retakan yang tidak beraturan berwarna coklat pudar hingga abu-abu dengan sedikit warna ungu, terdapat eksudat berwarna putih hingga kuning pucat dan menjadi lebih gelap jika terpapar lama. Percabangan monopodial kemudian menjadi simpodial, cabang mendatar atau merunduk, arah daun mendatar atau bergantung, daun muda terlihat seperti merah bersinar. Daun bersilangan, tunggal, tepi daun rata, berbentuk lonjong, berukuran 4,5-12,5 x 1-4 cm, pangkal daun runcing, berwarna hijau kebiru-biruan dengan bagian bawah putih, urat daun tidak jelas, panjang tangkai daun 4-8 mm. Bunga tunggal atau sepasang, diameter hingga 9 cm, terdapat di ujung ranting atau di ketiak daun, daun mahkota berjumlah 4, berwarna putih atau merah muda, daun kelopak berjumlah 4, berwarna hijau, menempel kuat, beberapa membesar dan menebal pada buah, benang sari banyak, bakal buah menumpang pada dasar bunga, terdapat 1-2 rongga, setiap rongga terdiri dari 1-2 bakal biji.
Kayu gubal berwarna coklat kemerah-merahan dengan sedikit warna ungu pada saat baru ditebang dan menjadi lebih gelap setelah terpapar udara. Kayu teras berwarna coklat pucat atau kuning pucat dengan sedikit warna ungu dan menjadi abu-abu atau abu-abu kecoklatan setelah terpapar udara. Kayu nagasari berat dan keras dengan berat jenis 940-1.195 kg/m3 pada kadar air 15%, kelas awet sedang, tidak tahan terhadap serangan rayap karena kandungan selulosa kayu yang tinggi namun sulit diberi perlakuan pengawetan.
1. Bentuk pohon; 2. Buah dan daun; dan 3. Bunga (Sumber: Plant Resources of South-East Asia 5:2, 1998)
Diskripsi buah dan benih
Buah: Diklasifikasikan sebagai tipe kapsul, berbentuk lonjong dengan bagian ujung meruncing, kulit buah berkayu tipis, biasanya membelah menjadi 2(-4) sebelum biji jatuh, dalam satu buah terdiri 1-4 benih. Buah masak berwarna coklat dan akan pecah menjadi dua bagian, kulit buahnya agak melengkung, sehingga benihnya akan tampak jelas. Ukuran buah rata-rata panjang 3 cm dan diameter 2 cm.
Benih: Benih masak berwarna coklat, berbentuk bulat telur dengan ujung meruncing kadangkala tidak beraturan, berukuran rata-rata panjang 2,1 cm, diameter 1,1 cm. Dalam 1 kg benih terdapat ± 1.400 butir. Termasuk benih rekalsitran dengan kadar air pada saat masak ± 55%.
Pembungaan dan pembuahan
Nagasari mulai berbunga bila pohon telah cukup tua. Bunga berkelamin ganda. Pembungaan berlangsung setiap tahun atau kadangkala hingga dua kali setahun, berlangsung pada musim kemarau yang diakhiri dengan pembentukan daun baru pada awal musim hujan. Bunga terbuka selama satu hari, mulai jam 3 atau 4 pagi hingga matahari terbenam. Sejenis kutu (Thrips sp dan T. hawaiiensis) merupakan polinator. Periode pembungaan berlangsung dua kali setahun pada bulan Pebruari dan Agustus, sedangkan periode pembuahan berlangsung pada bulan Juli dan Desember. Di Bali, pembungaan berlangsung pada bulan September – Nopember. Periode pembuahan berlangsung pada bulan Nopember – Januari.
Panen buah
Dilakukan dengan cara dipetik langsung dari pohon sebelum merekah atau dapat mengumpulkan benih di bawah tegakan segera setelah buah terbuka.
Penanganan dan pemrosesan buah dan benih
Buah masak segera dikeringanginkan pada suhu kamar selama 2 - 3 hari sampai merekah. Untuk penyimpanan benih sementara dapat menggunakan kantung terigu atau kantong yang berpori.
Penyimpanan dan viabilitas
Benih bersifat rekalsitran, sehingga disarankan penaburan sesegera mungkin. Benih yang segera dikecambahkan, viabilitasnya bisa mencapai 75-90% dalam waktu 11-24 hari. Viabilitas benih turun secara cepat dalam jangka waktu penyimpanan 2-3 bulan. Penyimpanan benih dapat dilakukan dengan menggunakan kantong polietilen berpori yang disimpan pada suhu 5C, dapat bertahan selama 4 bulan dengan daya berkecambah 27%.
Penaburan dan perkecambahan
Benih dikecambahkan dalam bak tabur atau bedeng tabur dengan kedalaman 1-1,5 cm, jarak antar benih 5 x 5 cm dengan posisi benih horisontal atau hilum berada di samping. Tipe perkecambahan benih adalah hipogeal dimana kotiledon tetap berada di bawah permukaan media bersama dengan kulit biji. Pada awal perkecambahan akan tumbuh akar yang panjang. Pada kondisi ini, kecambah tidak boleh dipindahkan atau disapih. Setelah muncul sepasang daun, kecambah kemudian disapih. Di persemaian, bibit nagasari dapat bertahan di bawah naungan tapi rentan terhadap tekanan gulma. Untuk itu perlu dilakukan penyiangan.
Sebaiknya bibit ditanam di lapangan setelah tinggi mencapai 40-75 cm dan batangnya berkayu. Bibit nagasari toleran bila ditanam di bawah tegakan. Penanaman di daerah yang lebih terbuka dapat meningkatkan kekuatan bibit, namun perlu dipertimbangkan ketersediaan air, karena akar tanaman nagasari muda masih lemah.
Daftar pustaka
Lemmens RHMJ, I Soerianegara, dan Wong WC, eds. 1995. Plant resources of South-East Asia No. 5 (2). Timber trees: minor commercial timbers. 339 pp.; Prosea Foundation Bogor,
http://www.worldagroforestry.org/sea/products/ADbases/AFF/asp/... [18/12/2007]
Yuniarti N, Buharman, R Kurniati dan Yulianti. 2001. Nagasari (Mesua ferrea L.). Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia Jilid II. Publikasi Khusus Vol 2 No. 6. Balai Teknologi Perbenihan. Bogor.
Soejono. 1978. Buletin Kebun Raya Botanical Gardens of Indonesia. Vol. 3 No. 5. Bogor.
Gambar Pohon, Buah, dan Benih Nagasari (Foto: Iwan Nurwanto dan Diyah Purwaning)
DISIAPKAN OLEH BALAI PERBENIHAN TANA-MAN HUTAN BALI DAN NUSA TENGGARA
Penulis: Diyah Purwaning P., Iwan Nurwanto dan Nurin Widyani
BPTH Bali dan Nusa Tenggara
Jalan By Pass Ngurah Rai KM 23,5 Tuban
Kotak Pos No. 1041/DPR.AP. Denpasar 80361
Telepon: (0361) 751815
Faximile: (0361) 750195
E-mail: bpth@denpasar.wasantara.id
Website: www.bpthbalinusra.com
BERSAMBUNG ........
berbagai website, buku, majalah, informasi dll
buluperindusukma.wordpress.com
tasbihkhodam.blogspot.com
buluperindusukma.wordpress.com
goeboegtasbeh.com
sabdalangit.wordpress.com
mbaratkj.blogspot.com
tuahkayu.com
pusatkayubertuah.wordpress.com
asmarajadiraja.blogspot.com
mitra-sbm.blogspot.com
kayuberenergi.blogdetik.com
supranatural69.blogspot.com
bendaghaib.blogspot.com
dll
buluperindusukma.wordpress.com
tasbihkhodam.blogspot.com
buluperindusukma.wordpress.com
goeboegtasbeh.com
sabdalangit.wordpress.com
mbaratkj.blogspot.com
tuahkayu.com
pusatkayubertuah.wordpress.com
asmarajadiraja.blogspot.com
mitra-sbm.blogspot.com
kayuberenergi.blogdetik.com
supranatural69.blogspot.com
bendaghaib.blogspot.com
dll
berbagai artikel
Anda juga bisa mengunjungi link sajian produk kami yang lainnya di bawah ini :
Tasbih. Kalung. Cincin. Keris. Tongkat. Acecories. Pipa Rokok. Sabuk. Peralatan Dapur. Seni Ukir. Antik unik. Kerajinan Jember. Kerajinan Kaokah.Kerajinan Cendana. Kerajinan Cendana. Kerajinan Tulang
Sajian dalam website ini adalah merupakan sub produk dari www.makrifatbusiness.net online offline handicraft khas desa Tutul Jember Jawa Timur Indonesia yang di produksi oleh rumah produksi IMDA Handicraft
salam
0 Tanggapan:
Posting Komentar
Silahkan komentar disini jika mau oder, saran, kritik membangun, komplain, sumbang sich pemikiran dll, tapi mohon maaf pihak management Makrifat Business melakukan moderasi setiap komentar yang masuk